Search This Blog

Friday, August 3, 2012

Masalah Pokok Ekonomi


Untuk menghadapi kelangkaan sumber daya dalam perekonmian, maka kita harus bisa menetapkan pilihan terbaik dari berbagai kemungkinan pilihan yang bisa dilakukan. Karena peenatapan suatu pilihan akan berdampak terhadap yang lainnya. Problema atau permasalahan pokok ekonomi terhadap barang dan jasa, berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia yaitu :
1.       Menurut Ajaran Modern
Permasalahan ekonomi menurut ajaran ekonomi modern, meliputi 3 hal yang harus dipertimbangkan yakni :
-          Barang apa yang akan diproduksi ( what )
Hal-hal yang berkaitan dengan ini antara lain:
a.       Barang yang sesuai dengan kebutuhan
b.      Barang yang sesuai dengan selera
c.       Barang yang sesuai dengan pendapatan
d.      Barang yang sesuai dengan mutu
e.      Barang yang sesuai dengan harga atau daya beli
f.        Barang yang bermanfaat dan halal 
-          Bagaimana cara memproduksi ( How )
Hal-hal yang berkaitan dengan ini ialah mengenai penggunaan teknologi proses produksi.
Penggunaan proses produksi dengan cara :
a.       Cara Tradisional
Ciri-cirinya antara lain ; untuk memenuhi kebutuhan sendiri, alat produksi sangat sederhana, bersifat turun temurun, dan modal kecil
b.      Cara Sederhana
Ciri-cirinya antara lain ;  untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan orang lain, alat produksi masih sederhana, sudah mengenal cara produksi, modal agak besar
c.       Cara Modern (canggih)
Ciri-cirinya antara lain : bersifat profesional, organisasi dan manajemen sangat baik, modal dan investasi sangat besar, untukmemenuhi pesanan, kualitas dan kuantitas barang terjamin dan bergaransi
-          Untuk siapa barang diproduksi ( for whom )
Hal-hal yang berkaitan dengan untuk siapa barang diproduksi yaitu antara lain :
a.       Untuk masyarakat dalam negeri
b.      Untuk masyarakat luar negeri

2.       Teori Ilmu Ekonomi Klasik
Berdasarkan teori ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi terdiri dari :
a.       Masalah Produksi
Produksi ialah suatu kegiatan menghasilkan,merubahbentuk dan meningkatkan guna barang dan jasa yang dihasilkan. Kegiatan produksi merupakan kegiatan memadukan faktor-faktor produksi dalam suatu proses produksi yang dilakukan secara berkesinambungan, menghasilkan barang dan jasa dengan jaminan mutu (kualitas), jumlah (kuantitas) terjamin dan harga (price) barang terjangkau oleh konsumen dan masyarakat.
b.      Masalah Distribusi
Distribusi suatu kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari pihak produsen sampai ke pihak konsumen. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan yang sangat penting, karena melalui kegiatan distribusi atau pemasarana konsumen emmperoleh barang yang diinginkan, disamping itu kegiatan distribusi akan sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam menyalurkan barang-barang hasil industri, pertanian dan nelayan.
c.       Masalah Konsumsi
Konsumsi adalah suatu kegiatan pelaku ekonomi yang memanfaatkan dan menghabiskan nilai guna barang dan jasa. Barang atau jasa yang dikonsumsi umumnya adalah barang atau jasa yang harganya terjangkau, berkualitas, bermoral, sesuai dengan penghasilan, budaya, bergizi dan mempunyai jaminan.

Secara sistematis permasalahan ekonomi yaitu masalah memilih (choice) atau seni memilih dari masalah yang dihadapi, oleh perseorangan atau masyarakat dalam memnuhi kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas dihadapkan pada sumber daya yang terbatas (langka). Tetapi umumnya manusia mempunyai daya nalar tinggi, hati, moral dan martabat mempunyai beberapa alternatif penggunaan, yaitu memilih alokasi sumber yang baik dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment